Langsung ke konten utama

Tugas 2 Strategi Bisnis

A. Faktor Eksternal & Faktor Internal (bersangkutan dengan rencana bisnis yang kemarin)

Faktor lingkungan internal  adalah factor-faktor yang sangat berperan langsung dan sangat mempengaruhi didalam suatu perusahaan / suatu usaha itu sendiri.
Contohnya yaitu :
1. Tenaga kerja
2. Peralatan dan mesin
3. Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
4. Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
5. Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

Faktor Lingkungan eksternal adalah factor-faktor yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan / suatu usaha itu sendiri.
Contohnya yaitu :
1. Keadaan alam, seperti SDA, lingkungan.
2. Politik dan hankam, seperti kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada.
3.  Hukum
4.  Perekonomian
5.  Pendidikan dan kebudayaan
6.  Social dan budaya
7.  Kependudukan
8.  Hubungan internasional.
9.  Pemasok/supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
10.  Perantara, misalnya distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen. 
11.  Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll. 
12. Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.



Analisa Strategi :
Melihat factor-faktor internal dan factor-faktor eksternal yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap suatu usaha saya (rencana bisnis yang telah saya buat).
Ada kemungkinan bagan analisa strateginya seperti ini:
Internal
Kelemahan dalam Faktor Internal :
  1. Tingkat Kepercayaan Diri              0,4
  2. Tingkat Meyakinkan Seseorang    0,3
  3. Takut Rugi                                     0,3
                                          Total              1,0

Kelebihan dalam Faktor Internal :
  1. Sistem Informasi                            0,25
  2. Interior                                           0,25
  3. Bahan Mentah                               0,25
  4. Tenaga Kerja                                 0,25
                                         Total              1,0
 
Kesimpulan dari faktor Internal:
Di dalam usaha yang ingin saya jalankan ini, saya memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan dari faktor internal. Saya masih memiliki kelemahan pada kepercayaan diri saya, karna saya orangnya masih belum terbiasa bersosialisasI dengan orang baru. Dan karna hal itu, tingkat meyakinkan seseorang dan takut rugi pun muncul.
Namun, saya memiliki beberapa kelebihan yaitu, Informasi yang bisa saya dapatkan lebih akurat. Lalu interior ruangan yang tenang dan kondusif. Bahan mentah yang tersedia memiliki kualitas yang bagus. Dan beberapa orang karyawan yang ahli dalam masakan dan minuman. (Insyaallah akan terwujud jika sudah punya modal, amiiin ya rabb ) ^-^
Eksternal
Kelemahan dalam Faktor Eksternal :
  1. Saingan                                       0,6
  2. Budaya                                        0,4
                                         Total            1,0

Kelebihan dalam Faktor Eksternal :
  1. Pemasok / Supplier                     0,4
  2. Teknologi                                     0,4
  3. Lingkungan                                  0,2
                                         Total             1,0

Kesimpulan dari faktor eksternal:
Setiap orang yang menjadi wirausaha pasti akan selalu menemukan saingan dalam berbisnis. Mengapa saya memasukkan "Saingan" ke dalam kelemahan saya? Karna dalam usaha Café, saingan adalah hal yang lumayan berat, karna banyak orang yang berbisnis dalam bidang makanan. Lalu satu kelemahan lagi yaitu budaya. Kenapa? Karena belum banyak orang Indonesia yang mengenal istilah Café.
Walaupun usaha yang ingin saya dirikan memiliki 2 kekurangan itu, saya masih memiliki kelebihan pada pemasok, teknologi, dan lingkungan. Dalam usaha saya, saya memiliki pemasok yang mendukung berdirinya usaha saya. Dan dalam proses pencatatan dan yang lainnya, saya (ingin) memiliki teknologi yang mengikuti zaman. Dan lingkungannya, saya mencari tempat yang bersih dan asri, namun dekat dengan banyak penduduknya.

Sekian mengenai Faktor Internal dan Eksternal.

2. Menggambarkan Posisi Perusahaan / Suatu Usaha yang akan dilakukan

Dari kesimpulan atas analisa faktor Internal dan Eksternal diatas tadi, kemungkinan besar saya berada diposisi no. 2. Karna, walaupun saya memiliki ancaman dalam hal saingan, saya masih memiliki kelebihan dalam hal interior dan yang lainnya, yang Insyaallah dapat melebihi pebisnis lain.
 

3. Perusahaan & Lingkungan Perusahaan

Saya akan menjelaskan dan mencoba untuk menjabarkan Pengaruh-pengaruh perusahaan dan lingkungan perusahaan terhadap perusahaan.
EKOLOGI
Faktor yang mempengaruhi :
1. Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2. Perkembangan teknologi baru
3. Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi

EKONOMI
Faktor yang mempengaruhi : urbanisasi, pajak, pertambahan penduduk dan permintaan masyarakat, serta pengeluaran biaya untuk pertahanan negara.

SOSIAL
Faktor yang mempengaruhi : kriminalitas.

POLITIK
Fakor yang mempengaruhi : pertahanan keamanan hukum keputusan dan transaksi perusahaan.

HUKUM
Faktor yang mempengaruhi : keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahaan.
 
 
Sekian dari postingan saya. Terima Kasih telah melihat. ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

English Tenses used in Business [Present Tense]

Assalammu'alaikum Wr. Wb Hi everyone~ In this post I'll be writing about how we used English tenses in business life.. (Jadii maklumin yaak kalo writernya sekarang sok"an pakai bahasa inggris...  Hehe (´ヮ`) and this is for my homework actually,  again!) What I will explain is how we used it and what's the difference between them.  As we have know,  there are 16 tenses in English language.  The 16 tenses is divided to three categories (if I'm not wrong) : Present Tense Past Tense Future Tense And in this post I will explain the Present Tense first . Present Tense ^Present Simple Tense -> Present Simple Tense usually used when we talk about our routines, habitual, activities (something we always do or sometimes happen). In this tense we add '-s/es' to verbs if we use pronouns he/she/it. We don't need to add '-s/es' if we used pronouns I/you/they/we. Example: (In daily life) I go to school She goes

TEORI BAHASA KOREA + POLA KALIMAT

Di dalam bahasa Korea terdapat beberapa tingkatan bahasa yang digunakan baik dalam kesehari-harian maupun dalam situasi tertentu. Hal ini sangat menentukan adanya perubahan – perubahan kata yang di gunakan dengan ungkapan-ungkapan yang sesuai berdasarkan sifat atau jenis bahasa tersebut. Jenis bahasa tersebut adalah Bahasa Formal dan Bahasa Informal. a.Bahasa Formal Bahasa Formal adalah bahasa yang biasa dipergunakan pada situasi-situasi yang bersifat resmi atau formal yaitu misalnya : Situasi rapat, Lingkungan kerja, Bahasa dari bawahan terhadap atasan, Bahasa Pendidikan, Media Masa, Dll. Ciri-ciri dari bahasa Formal adalah : 1.Penekanan intonasi yang sangat tegas pada pengucapan 2.Selalu di akhiri dengan bunyi akhiran 습니다 ( - seumnida ), untuk ungkapan pernyataan, 습니까 ( - seumnika ), untuk ungkapan pertanyaan, 입니다 ( - imnida ), untuk ungkapan pernyataan dan십시요 ( sipsio ), untuk ungkapan perintah. b.Bahasa Informal Bahasa Informal adalah bahasa yang dipergunakan dalam sehar

Resolusi 10 tahun kedepan!

Assalammu'alaikum ^^ Pada postingan (untuk tugas Perekonomian Indonesia) kali ini saya ingin memberitahu tentang resolusi 10 tahun ke depannya saya nanti. :) Saya berharap resolusi yang saya tuliskan ini juga dapat membuat para pembaca terinspirasi..  1. Lulus Kuliah dengan Hasil yang Memuaskan! Karna saya masih kuliah, hal yang saya ingin lakukan sekarang adalah mengejar dan mempelajari ilmu sebanyak-banyaknya. Agar kelak saya mendapatkan IPK yang bagus dan membuat orang tua saya dan keluarga besar saya bangga terhadap saya.  2. Bekerja dan Mendapatkan Penghasilan yang Banyak! Tujuan saya mendapatkan IPK yang bagus itu adalah agar saya dapat diterima di tempat kerja yang saya inginkan sebagai akuntan. Saya tidak hanya akan berpegang dengan nilai, namun saya juga berpegang pada skill yang saya miliki.  Lalu saya akan mengumpulkan penghasilan saya hingga mendapatkan hasil yang banyak. 3. Bersekolah lagi? Maksud saya bersekolah lagi yaitu, saya ing